Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Duh Miris! Ekspor Ikan Ri Ke Timur Tengah Masih Kalah

Duh Miris! Ekspor Ikan Ri Ke Timur Tengah Masih Kalah

China akan menyetop produk olahan hasil laut dari Indonesia produksi PT Puri Indah selama 1 minggu lantaran ditemukannya virus Covid-19. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan varietas udang merupakan andalan ekspor ke luar negeri, dengan pasar utamanya yaitu Amerika Serikat . Bahkan nilai ekspornya mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24,6 triliun (kurs 14.500). Jakarta – Indonesia saat ini tengah mengupayakan peningkatan ekspor di sektor perikanan. Maka dari itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan menjalin kerja sama dengan pemerintah Jepang untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang menghambat penyediaan input sarana produksi.

PT Dempo Andalas Samudera berdiri tahun Agustus 2007 dengan bidang usaha utamaprocessingtuna beku Pasar utama ekspornya adalah Amerika Serikat. Di samping melengkapi sarana dan prasarana pelabuhan, Trenggono juga mendorong jajarannya memperkuat riset yang bertujuan untuk menambah jumlah produksi dan kualitas produk perikanan yang dihasilkan. Sebagai informasi, di PPS Bungus juga terdapat UPT KKP yang fokus pada kegiatan riset. Di sisi lain, untuk mendukung geliat subsektor perikanan tangkap di Sumbar, Trenggono juga meminta jajarannya membangun ekosistem pelabuhan menjadi lebih hidup. Salah satu yang perlu disiapkan adalah coldstorage untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan dan menjaga kualitasnya. KKP berencana memperkuat sarana, prasarana, ekosistem industri perikanan dan riset pada Pelabuhan Perikanan Samudara Bungus, Sumatera Barat untuk menambah jumlah produksi dan kualitas produk perikanan yang dihasilkan.

Terlebih lagi komunikasi sangat terbatas hanya menggunkan telepon, dan mesin faks,” terang pria yang memulai usaha ikan hias sejak 1994 silam. Menurut Stefanus, peruntukan ikan hias untuk luar negeri tidak hanya sebagai ikan hias saja, ada juga yang dijadikan bahan baku pembuatan kosmetik seperti jenis corydoras dan jenis-jenis lainnya. “Bahkan saat ini, jenis denisoni mencapai jutaan ekor perbulannya ke China, berdasar informasinya bahwa ikan tersebut memiliki kadar albumin yang lebih tinggi jika dibandingkan ikan gabus. Yang pada umumnya albumin digunakan untuk kebutuhan farmasi,” tutur Stefanus yang menamai usahanya Salus Aquarium. Tahun 2021, ekspor ikan masih sangat prospektif dimana Indonesia mulai menemukan ceruk tersendiri yang bisa diisi oleh berbagai produk perikanan Indonesia terutamma di pasar AS, Eropa, Jepang, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan negara lain. Peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan itu, lanjutnya, membantu pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar.

Ekspor Ikan

Darilaut – Ikan hias termasuk salah satu komoditi perikanan yang menjadi unggulan ekspor Indonesia di masa Pandemi Covid-19. “Dengan dilakukannya pelepasan ekspor ini, diharapkan dapat memacu pelaku UKM lainnya untuk lebih bersemangat dalam memasarkan produknya ke pasar internasional,” katanya. Kesuksesan menembus pasar Vietnam tersebut merupakan hasil kerja sama Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional dengan platform niaga elektronik ekspor madeinindonesia.com. Namun, perdagangan internasional menerapkan tata kelola baru untuk menjaga sumber daya alam ini tetap lestari. Maka, Pemerintah Indonesia pun telah bekerja sama dengan lembaga seperti Marine Stewardship Council, yang mengawasi ilegal fishing untuk kawasan Pasifik dan Atlatik, serta Indian Ocean Tuna Commission , lembaga serupa yang melakukan pengawasan di Samudera Hindia.

MONITOR, Badung – Kementerian Perdagangan melepas 27 ton ikan tuna sirip kuning ke Vietnam senilai USD eighty three ribu hasil tangkapan nelayan yang dikelola PT Harta Lautan Indonesia yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah . “Diharapkan ekspor ikan tuna sirip kuning ini akan terus berlanjut dan mendapatkan permintaan kembalidengan jumlah transaksi yang lebih besar serta meningkatkan diversifikasi negara tujuan,” jelas Didi. MONITORDAY.COM – Kementerian Perdagangan melepas 27 ton ikan tuna sirip kuning ke Vietnam senilai USD eighty three ribu hasil tangkapan nelayan yang dikelola PT Harta Lautan Indonesiayang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah . Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan menjelaskan, ekspor ikan tuna sirip kuning yang dilakukan ini salah satu bentuk pemberdayaan nelayan Indonesia. CILACAP – Dampak pandemi Covid-19, harga ikan tuna hasil tangkapan nelayan Cilacap merosot.

“Serapan ikan pasar domestik tahun 2020 diperkirakan mencapai 13 juta ton, sehingga konsumsi ikan menjadi fifty six,39 kilogram per kapita per tahun,” pungkas Trenggono. Sementara itu, untuk produksi perikanan pada tahun 2020 mencapai 23,sixteen juta ton. Disusul Tiongkok dengan USD246,sixty nine juta atau 14,12% dari whole nilai ekspor dan Jepang sebesar USD190,70 juta atau 10,ninety two %. “Selain untuk memastikan stok, hal tersebut juga dalam rangka membantu nelayan naik kelas dan memiliki kepastian pasar,” imbuhnya.

Pihaknya menyarankan para eksportir untuk menjaga kualitas produknya supaya mudah diterima pasar luar negeri. Selain itu, mutu kemasan produk ikannya juga mesti diperbaiki supaya aman dari paparan Covid-19. Merujuk data International Trade Center , selama periode 2017 – 2019, permintaan rata-rata produk perikanan dari negara-negara Timur Tengah tumbuh sebesar 4,three persen per tahun. Selama tahun 2020, terdapat 6 kasus positif produk perikanan dari Indonesia yang diekspor ke China.

Platform ini dirancang untuk menjembatani produsen, pedagang grosir, dan pemasok di Indonesia dengan pembeli di mancanegara. “Tentunya ini membuka peluang yang lebih besar untuk meningkatkan ekspor ikan tuna sirip kuning ke mancanegara,” katanya. Sebelumnya, Indonesia tidak mengekspor ikan tuna sirip kuning Indonesia kecuali pada 2019. Meski pun bukan lembaga resmi di bawah PBB, lembaga MSC dan IOTC dihormati di kalangan pelaku bisnis perikanan dan hampir semua negara.

Ke depan, kata menteri, akan didorong pengusaha-pengusaha yang mengangkut ikan di Samudera Hindia untuk bisa bongkar ikan di Bungus. Namun ia optimis keadaan akan kembali regular seiring mulai membaiknya situasi dunia, ditambah lagi bantuan rehabilitasi pelabuhan oleh Kementerian Kalautan dan Perikanan untuk peningkatan nilai ekspor. Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus merupakan satu-satunya PPS di Pulau Sumatera yang melaksanakan langsung ekspor komoditas tuna segar ke Jepang dan tuna loin ke Amerika. Tuna tersebut berasal dari sekitar wilayah tangkapan sumatera meliputi perairan sumatera barat termasuk Mentawai dan samudera hindia. “Yang jadi pikiran saya bagaimana nilai tukar nelayan lebih baik dan kesejahteraan meningkat. Untuk itu industri perlu didorong, sarana dan prasana diperbaiki,” ujar Trenggono.

Pasalnya, sejumlah negara memberlakukan pembatasan akses, sehingga ekspor ikan tuna ke sejumlah negara terganggu. Ketua DPC himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cilacap, Sarjono menjelaskan, saat ini sejumlah negara di Amerika maupun Eropa masih tertutup untuk komoditas ekspor. BBP3KP juga memiliki Raiser Ikan Hias Cibinong sebagai pusat promosi dan pemasaran ikan hias.

Leave a Reply