Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Ingin Mendirikan Perusahaan Teknologi? Perhatikan Hal Ini

Ingin Mendirikan Perusahaan Teknologi? Perhatikan Hal Ini

Sebelum berlakunya Undang-Undang Pajak Penghasilan Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Pajak Penghasilan Nomor 36 Tahun 2008, istilah penghasilan yang digunakan dalam undang-undang yang lama adalah istilah pendapatan. Haig juga turut mengembangkan definisi penghasilan dalam konteks pajak yang serupa dengan definisi yang dikemukakan oleh Schanz. Sesuai dengan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa kemiripan antara dua konsep ini terletak pada pemeliharaan sumber penghasilan atau modal.

Hal yang diperhatikan untuk mencegah pecah kongsi

Sementara itu, pengeluaran untuk aset tak berwujud seperti paten dan hak kontraktual lainnya, pembebanannya dilakukan melalui amortisasi. Beasiswa yang memenuhi persyaratan tertentu yang ketentuannya diatur lebih lanjut dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. Dengan kata lain, imbalan dalam bentuk natura atau kenikmatan tersebut merupakan penghasilan bagi yang menerima atau memperolehnya. Terdapat dua langkah dalam menentukan penghasilan BUT berdasarkan pendekatan AOA. Secara garis besar, pendekatan AOA dapat diilustrasikan dalam Gambar 7.4 di halaman berikut. Perlu diperhatikan bahwa rincian di atas hanya merupakan contoh yang sifatnya terbatas.

Penjelasan mengenai ketiga kategori sistem pajak territorial di atas dapat dirangkum melalui Gambar three.6. Penggunaan negara tax haven dalam praktik aggressive tax planning didukung pula oleh ketatnya akses data perbankan yang melindungi kerahasiaan informasi nasabah. Kerahasiaan bank dapat didefinisikan sebagai sebuah prinsip perbankan untuk melindungi informasi pribadi nasabah.Akibatnya, otoritas pajak di negara domisili mengalami kesulitan untuk mendeteksi kekayaan wajib pajaknya. Untuk memahami penjelasan mengenai metode kredit dengan pembatasan, dapat digunakan contoh sebagaimana terdapat dalam Tabel three.4.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan penghasilan yang dibebaskan atau penghasilan yang tidak dikenai pajak juga tidak dapat menjadi pengurang penghasilan bruto. Berbeda dengan UK, di Kanada umumnya pakaian merepresentasikan biaya yang bersifat pribadi sehingga tidak dapat menjadi pengurang penghasilan bruto. Namun, ketentuan ini tidak berlaku bagi pakaian dan seragam khusus yang disediakan pemberi kerja. Di Swedia, pada prinsipnya, biaya pindahan juga tidak dapat menjadi pengurang karena biaya itu merepresentasikan biaya yang bersifat pribadi serta biaya modal.

Sebaliknya, pada pengenaan PPh nonfinal, penghitungan pajaknya dianggap belum selesai ketika pajak dipotong atau dibayar. Artinya, transaksi baru akan dianggap lunas apabila perhitungan pajak di akhir tahun telah selesai. Selain itu, perbedaan paling mencolok antara pengenaan PPh last dan PPh non final adalah pada PPh nonfinal, pajak yang telah dipotong atau dibayar dapat menjadi kredit pajak untuk penghitungan pajak terutang pada SPT Tahunan PPh. Biaya ini berhubungan dengan Pasal three huruf ’h’ Ordonansi Pajak Pendapatan 1944, yaitu penggantian yang diberikan atas biaya yang dikeluarkan oleh seseorang sehubungan dengan suatu jabatan atau pekerjaan. Sebagai contoh, seorang karyawan perusahaan guna pelaksanaan tugasnya mengeluarkan beberapa biaya, seperti biaya pengangkutan, penginapan, makan, dan sebagainya.

Ini didasarkan atas pendapat bahwa pegawai-pegawai perusahaan meskipun mempunyai pengaruh terhadap perusahaan, tetapi pegawai tersebut tidak memiliki peranan penting dalam melakukan pengelolaan ataupun keuangan perusahaan. Tidak hanya pembayaran bunga kepada pihak yang mempunyai hubungan istimewa saja yang tidak dapat dikurangkan, tetapi juga ganti rugi dalam bentuk dari penggunaan atau pemakaian barang-barang yang diserahkan kepada badan usaha. Pertama, iuran-iuran kepada dana pensiun yang mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan. Kedua, kerugian yang diderita karena penjualan atau pengalihan barang dan/atau hak yang dimiliki dan dipergunakan dalam perusahaan.

Orang pribadi yang berkerja sebagai pejabat perwakilan diplomatik dan konsulat di suatu negara dan bertempat tinggal di negara tersebut bukan merupakan subjek pajak. Pengecualian terhadap subjek ini juga berlaku kepada orang-orang yang diperbantukan kepada pejabat diplomatik atau konsulat tersebut. Tujuan utama dari penerapan model keluarga adalah untuk meningkatkan keadilan horizontal dan keadilan vertikal dalam pengenaan PPh. Melalui model ini, meskipun komposisi penghasilan yang diterima oleh suatu keluarga berbeda dengan keluarga lainnya, tetapi sepanjang total penghasilan yang diterima antarkeluarga tersebut sama, PPh yang harus dibayarkan oleh kedua keluarga tersebut tetap pada degree yang sama.

Pengenaan pajak ini juga meliputi penghasilan aktif luar negeri yang diperoleh melalui BUT luar negeri dan penghasilan dividen yang bersumber dari luar negeri. Umumnya, negara yang menganut sistem pajak ini memiliki CFC guidelines yang digunakan sebagai anti-penyalahgunaan pajak di negara tersebut. Contoh negara yang menganut sistem pajak worldwide berdasarkan kategori ini antara lain Brasil, Chili, China, India, Indonesia, Irlandia, Republik Korea, dan Mauritius.

Namun, beberapa interpretasi dari ketentuan pajak Kanada dapat digunakan sebagai panduan. Misalnya, hasil putusan dari kasus hukum yang terjadi di Kanada yang mengatur bahwa apabila suatu istilah atau konsep tidak didefinisikan, definisi dari istilah dan konsep tersebut dapat mengacu pada pada ketentuan hukum lainnya. Oleh karenanya, di Kanada, istilah badan untuk tujuan pajak diinterpretasikan berdasarkan Undang-Undang Perusahaan. Sama halnya dengan Malaysia, Singapura juga menerapkan single tier dividend system atau one-tier system sehingga dividen dibebaskan dari pengenaan pajak. One-tier system ini pertama kali diperkenalkan di Singapura pada tahun 2000 untuk menggantikan sistem imputasi yang sebelumnya diterapkan di negara ini.One-tier system juga diberlakukan di Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Leave a Reply